Suasana arus balik di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/6/2019).

Jakarta, aktual.com – Sejumlah penumpang arus balik di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/6), memanfaatkan hari terakhir libur dan cuti bersama Lebaran 2019 untuk kembali ke Jakarta.

Beberapa penumpang arus balik mengaku memang sengaja kembali ke Jakarta pada Minggu ini karena besok sebagian besar masyarakat sudah kembali beraktivitas.

“Pas sih waktunya lama di sana, terus juga besok sudah mulai masuk kerja,” kata Adit, salah seorang penumpang yang baru kembali usai mudik ke Malang.

Adit yang bekerja sebagai karyawan swasta itu juga mengajak serta istri dan kedua anaknya yang masih kecil mudik ke Malang sejak 1 Juni 2019.

Dia mengaku sengaja memilih moda transportasi pesawat udara untuk mudik karena lebih efisien dari segi waktu, meski ada kenaikan harga.

“Pasti ada pengaruh kenaikan harga tiket karena anggota keluarga juga sudah bertambah,” ujar pria yang berdomisili di Depok tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Robin, yang baru tiba di Jakarta pada Minggu ini usai mudik ke Lombok menggunakan pesawat udara.

“Karena saya besok sudah mulai masuk kerja,” kata pria yang berdomisili di Pondok Gede tersebut.

Robin yang berangkat mudik ke Lombok sejak Sabtu (1/9), sengaja menggunakan pesawat terbang karena lokasi bandara Halim Perdanakusuma yang mudah dijangkau.

“Karena lebih dekat aja dari tempat tinggal,” kata pria yang bekerja sebagai karyawan swasta tersebut.

Berdasarkan data, penumpang arus balik yang tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada H+2 Lebaran atau Sabtu (8/6), tercatat 12.081 penumpang dari 80 penerbangan.

Ant.

(Zaenal Arifin)