Terminal Terpadu Merak (TTM).

Jakarta, Aktual.com- Para pemudik yang kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera semakin meningkat di Terminal Terpadu Merak (TTM). Ratusan penumpang telah diberangkatkan menggunakan bus setelah turun dari kapal yang membawanya di Pelabuhan Merak, Banten.

“Data yang kita terima dan informasi yang kita terima dari Bakauheni, itu ada peningkatan lagi, mulai dari jam 10.00 WIB tadi masing-masing kapal rata-rata membawa penumpang pejalan kaki sekitar 400 orang di atas kapal,” jelas Kepala Terminal Terpadu Merak, Rizky Gustaf kepada Media, di Merak Sabtu (1/7).

Pihaknya kata dia memperkirakan lonjakan jumlah pemudik yang kembali dari Sumatera ke Jawa akan terus meningkat hingga malam ini. Bahkan, Rizky pun memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2017 di Terminal Merak akan terjadi malam ini.

“Kita perkirakan malam ini puncak, karena menurut informasi hari Senin sudah banyak yang masuk kantor dan beraktifitas seperti biasanya,” jelas dia.

Sejak H+1 hingga H+4 malam tadi, pihak TTM kata Rizki sudah memberangkatkan sekitar 68.756 orang. Sedangkan, jumlah penumpang yang turun di Terminal Merak terhitung sejak H-10 hingga H-1 lalu berjumlah 94.560 orang.

“Kalau dari penumpang yang telah kita berangkatkan dari H+1 sampai H+4 tadi malam sudah kita berangkatkan 68.756 orang dari penumpang yang turun sejak H-10 sampai H-1 yang turun dari luar TTM dan masuk ke Merak itu sekitar 94.560 orang,” jelas Rizky.

Sementara itu, untuk kesiapan bus menyambut puncak arus balik tahun ini, lanjut Rizky, sebanyak 520 bus telah disiagakan dan bus cadangan sebanyak 15 unit. Sejak pagi tadi, 520 bus tersebut belum semuanya terpakai.

“Kesiapan bus kita semua 520 kita menyediakan 15 armada cadangan,” kata dia.

Dari catatan pihak TTM, tambah Rizky rata-rata tujuan para pemudik yang hendak ke perantauannya adalah tujuan Jakarta dan Jawa Barat, yakni Kalideres, Pulogadung, Pulogebang, Tanjung Priok, Cikarang, Bekasi, Cianjur, Bandung, Banjar, Cirebon, dan Karawang.

(Bawaan Situs)