Jakarta, Aktual.co — Jelang acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, persiapan dan penempatan personel aparat keamanan terus dilakukan, penjagaan diperketat terutama di Gedung Kura-kura yang merupakan tempat acara pelantikan.
Bahkan, 12 ekor anjing jenis labrador ikut terlibat dalam penjagaan di lokasi pelantikan. Anjing ini dikerahkan untuk menyisir dan menditeksi bahan peledak. 
“Di dalam aja buat gedung Kura-kura dan sekitarnya ada lima ekor. Kan ada yang buat narkoba, ini khusus buat deteksi bahan peledak,” kata petugas polisi K-9, Bripka Nyoman Hari, di komplek Parlemen, Jakarta, Senin (20/10).
Selain di sekitar gedung Kura-Kura, kata Nyoman, pengerahan anjing labrador ini juga dikerahkan di pintu gerbang masuk utama dan belakang komplek parlemen.
“Dari Kelapa Dua, Polda Metro ada. Ini ada sekitar 12 ekor mungkin mas,” kata dia.
Dari pantauan Aktual.co di lokasi, sejumlah persiapan keamanan dari personel hingga kendaraan berat jenis Panser maupun Baracuda sudah disiagakan pihak kepolisian.
Tak hanya itu, pasukan pengamanan presiden (Paspampres) juga sudah berjaga jaga di setiap pintu masuk gedung pelantikan.

(Novrizal Sikumbang)

()