Jakarta, Aktual.com — Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyaksikan pengukuhkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2015-2020 di Masjid Istiqlal Jakarta. Pengukuhan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Rais Aam KH Ma’ruf Amin yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam susunan kepengurusan baru periode 2015-2020 duduk sebagai ketua umum yaitu Said Aqil Siradj dan sebagai wakil ketua umum Slamet Effendy Yusuf.

Hadir dalam acara tersebut Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sebelum pengukuhan, para Nahdliyin sudah memadati masjid dan pelatarannya sejak Sabtu (5/9) pagi yang dimeriahkan dengan tenda-tenda bazar.

Usai shalat dhuhur dilangsungkan shalawat dan istighatsah untuk keselamatan bangsa.

KH Said Aqil Siradj kembali terpilih sebagai Ketua Umum PBNU, usai memenangkan pemilihan suara dalam Muktamar ke-33 NU yang berlangsung di Alun-alun Kota Jombang, Jawa Timur, Kamis 6 Agustus lalu.

Ia ditetapkan sebagai ketua umum, setelah unggul telak atas lawan-lawannya dengan meraih 287 suara.

Sementara As’ad Said Ali meraih 107 suara, Gus Sholah meraih 10 suara, Hilmi Muhammadiyah tiga suara, Gus Mus satu suara, Adenan satu suara dan abstain dua suara.

()

(Eka)