Jakarta, Aktual.co —Pengelola Pasar Blok G, Tanah Abang, Jakarta Pusat, terus melakukan percobaan operasional eskalator yang ada di pasar tersebut untuk meningkatkan daya tarik pengunjung.

“Kita ramaikan pasar ini dulu dengan adanya eskalator ini, kita operasionalkan meski dalam tahap percobaan,” kata Iwan Oscandar selaku asisten manajer teknis Pasar Blok G di Jakarta, Kamis (6/11).

Iwan mengatakan pengoprasionalan eskalator tersebut dilakukan secara situasional atau melihat situasi keramaian pengunjung di Pasar Blok G.

Ia menambahkan bila situasi pasar ramai, maka eskalator tersebut baru dioperasionalkan, dan bila sepi dimatikan agar menghemat biaya.

Iwan mengatakan peresmian eskalator di pasar berlantai 4 tersebut belum dilakukan dan ia belum mengetahui kapan akan di resmikan oleh PD Pasar Jaya.

Asisten Manajer teknis tesebut mengatakan kendala yang dialami dalam mengelola eskalator itu ialah para teknisi yang ada di Pasar Blok G belum pernah mengelola eskalator.

“Ini kan masih percobaan. Jadi, kita terus pelajari teknisnya, namun kita terus melakukan pemanasan mesinnya, melakukan pelumasan, dan menjaga kebersihanya,” katanya Iwan menambahkan pengelola terus melakukan edukasi kepada pedagang dan pengunjung agar tetap menjaga kebersihan dan melarang menaiki eskalator dengan menggunakan sendal jepit untuk menghindari kecelakaan.

(Andy Abdul Hamid)