?????????????

Jakarta, Aktual.com — Kementerian Agama Indonesia mengharapkan, Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) dapat berperan dalam mempererat ukhuwah Islamiyah dan memberi motivasi pada peserta didik.

“Dengan dikemas dalam bentuk kompetisi Kemenag mengharapkan Pentas PAI dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai pelajaran pendidikan Agama Islam. Selain itu juga dapat mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan dan kesatuan bangsa serta siswa,” terang Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Kompleks Kemenag, Jakarta, Senin (10/8).

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, Pentas PAI diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat, bakat dan kreativitas di bidang keterampilan dan seni PAI.

“Serta menanamkan sikap keberanian, kemandirian dan sportivitas di kalangan siswa,” tutur Kamaruddin Amin .

Pentas PAI ini juga dipandang Kemenag mampu membentuk karakter anak bangsa karena tujuan dari pendidikan agama itu sendiri yang dimaksudkan menempa jiwa agar memahami agama dan saling menghargai manusia.

“PAI itu sangat fundamental untuk membentuk karakter bangsa oleh karena itu dalam rangka mendorong pembentukan karakter ini maka dibuat semacam gebrakan dengan pekan keterampilan dan seni berbasis PAI ini,” ujar Kamaruddin.

Kemenag berpandangan pelajaran agama islam yang selama ini dianggap mata pelajaran sekunder harus dibuat menarik dan mampu memikat peserta didik.

“Oleh karena itu Kemenag membuat Pentas PAI ini yang sekarang sudah memasuki pagelaran ke-7 dengan harapan bisa mengemas pendidikan agama jadi lebih menarik sehingga tujuan menciptakan karakter bangsa bisa tercapai,” ujar dia.

Pentas PAI yang dijadwalkan akan berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi pada Selasa (11/8) diperkirakan akan dihadiri lebih dari 1.000 siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang merupakan utusan dari 33 provinsi.

Dalam pentas PAI tersebut akan dipertandingkan berbagai macam perlombaan yaitu Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI, Hafalan ayat suci Al Quran, cerdas cermat, kaligrafi Islam, seni nasyid, debat PAI dan lomba kreasi busana muslim.

(Ant)

()