Jakarta, Aktual.com – Kawasan Monumen Nasional (Monas) Kota Jakarta, malam ini ramai dikunjungi warga untuk menonton pentas seni dan budaya dalam semarak kemerdekaan sekaligus membangkitkan kembali semangat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bertajuk “Merajut Nusantara 2019” kegiatan ini merupakan ajang untuk menunjukkan kerukunan budaya meski dari berbagai suku dan daerah yang berbeda. Sejumlah kesenian tradisional tebar pesona menyapa warga Jakarta.

Acara dimulai diawali dengan penampilan Inul Daratista dengan membawakan tembang lagu ‘Buaya Buntung’ membawa gairah kehangatan suasana malam di tengah ibu kota.

Disambung dengan penampilan tarian nusantara seperti Tari Kecak dari Bali, Fu Papua, Tari Enggrang dari Kalimantan, dan Tari Ratu Jari dari Aceh.

Setelah itu, pembawa acara pun mulai menyapa penonton yang hadir. Tampak Ria Ricis yang mengenakan pakaian adat Jawa, kemudian Ade Mumu yang mengenakan adat Papua.

Disusul Yosi, Nirina, Ellen Aragay, Arie Kriting, dan Ari Daging yang mengenakan pakaian adat daerah lainnya.

“Dengan keanekaragaman itu, bukan berarti kita saling bermusuhan dan saling mencela, tapi justru kita harus bergandengan tangan, ” ujar Nirina.

Sedangkan dalam kesempatan yang sama “Kita patut berbangga di sini, karena kita NKRI. Jadi apapun Ras, suku, ataupun agamaMu kita semua Indonesia, “ungkap Arie.

Ria Ricis yang merupakan perwakilan dari generasi muda pun mengatakan sebagai generasi muda, harus patut berbangga dengan persatuan Indonesia.

“Kalau bukan kita, lalu mau siapa lagi yang patut berbangga. Karena kita adalah NKRI, ” sahutnya.

Setelah pembawa acara saling menyapa dan memberi semangat persatuan, disambung penampilan Nowela Besetta Papua Original dengan lagu berjudul ‘Khatulistiwa’. Acara ini terus berlangsung hingga pukul 21.30 WIB malam nanti.

Sekadar informasi, Merajut Nusantara, adalah event pagelaran budaya yang digelar di Silang Monas Timur (Pojok), Jakarta Pusat, Senin (2/9). Dikemas dalam bentuk budaya lewat tarian dan lagu khas, karena memang melalui budaya dapat mempersatukan bangsa.

Budaya yang ditampilkan mewakili atau medley dari Sabang sampai Merauke. Terdapat 3 medley kesenian tradisional mewakili beberapa daerah di Indonesia yang bakal memeriahkan kegiatan ini.

Seperti Tari Kecak, FU Papua (tiup kerang), Dayak dan Udog, Ratoh Jaro, Tari Rampak Gendang dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTT. Masih ada lagi, kesenian Pakarena, Gaba gaba Maluku, Marbona Taon Batak dan Japin Melayu.

(Abdul Hamid)