Petugas saat menata air zam-zam dalam kemasan galon lima liter yang nantinya diperuntukkan bagi jamaah haji Embarkasi Surabaya. (ANTARA/HO-PPIH Embarkasi Surabaya)

Mekkah, Aktual.com – Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat mengingatkan jamaah untuk memperhatikan barang bawaan saat akan kembali ke Tanah Air dan pastikan tidak bawa air zamzam di bagasi.

“Barang bawaan jamaah harus ditimbang, harus skrining terlebih dahulu untuk memastikan barang yang dibawa tidak ada barang-barang yang dilarang, termasuk air zamzam,” kata Arsad di Makkah, Kamis.

Arsad mengatakan pelarangan air zamzam masuk koper bagasi karena bentuknya cairan, jadi tidak boleh dimasukkan ke dalam tas koper. Tas koper jamaah maksimal beratnya 32 kg, kecuali embarkasi Surabaya hanya 28 kg.

Sebagai informasi, jamaah haji mulai dipulangkan ke Tanah Air pada Jumat 15 Juli 2022. Barang bawaan jamaah ditimbang 48 jam sebelum pesawat lepas landas.

“Jamaah haji juga memastikan dokumen-dokumen yang mereka miliki dalam kondisi siap, artinya khawatir ada yang tercecer, ada yang mungkin hilang segera melaporkan kepada petugas yang ada di sektor maupun di Daker. Kalau seandainya hilang untuk mengganti penggantinya itu SPLP (surat perjalanan laksana paspor),” kata Arsyad.

Selain itu, 12 jam sebelum keberangkatan atau kepulangan ke Tanah Air, jamaah harus melakukan tawaf wada sebagai bentuk penghormatan perpisahan untuk menyempurnakan pelaksanaan ibadahnya.

Arsad juga meminta jamaah haji tetap menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker untuk mencegah dari paparan penyakit menular.

Sebelumnya, puluhan koper jamaah haji Indonesia terpaksa dibongkar oleh petugas Air Gate, perusahaan kargo yang ditunjuk maskapai Garuda Indonesia untuk melakukan pemeriksaan dan pengiriman barang jamaah, karena membawa air zamzam.

“Dari hasil pemeriksaan x-ray terhadap 393 koper jamaah Kloter Padang 1, ada 50 koper kedapatan berisi air zamzam,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul), PPIH Daerah Kerja Bandara, Edayati Dasril di gudang Air Gate, Mekah, Rabu.

Koper-koper tersebut milik jamaah haji yang merupakan kloter pertama yang akan pulang ke Indonesia pada Jumat, 15 Juli 2022.

Eda mengatakan air zamzam yang ditemukan dalam jumlah beragam di tiap koper mulai dari beberapa botol sampai ada yang membawa dua liter.

Larangan membawa air zamzam di dalam bagasi tercatat sesuai aturan keamanan dan keselamatan penerbangan, GACA (General Authority of Civil Aviation), bahwa jamaah haji tidak boleh memasukkan air zamzam ke bagasi.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)