Surabaya, Aktual.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso, berburu anjing pelacak di Surabaya, Jawa Timur. Tujuannya, untuk membantu melakukan pelacakan narkoba.

Pada kesempatan itu, Buwas sapaan akrab Budi Waseso, mencari anjing pelacak lokal milik Sugiarto, di Jalan Sumatera, Surabaya, dengan alasan lebih mudah merawatnya karena sudah terbiasa dengan iklim setempat.

Buwas mengatakan, dipilihnya anjing pelacak dikarenakan lebih banyak kelebihannya jika dibandingkan dengan teknologi X-ray dalam melacak narkoba.

“Kita ketahui bahwa anjing pelacak itu bisa mengendus berbagai barang mencurigakan, khususnya narkoba di tempat-tempat yang tersembunyi. Dia bisa mencari sendiri meski sampai di kolong-kolong. Semetara kalau pakai X-ray itu ribet bawa-bawanya,” kata Buwas di Surabaya, Sabtu (27/2).

Dijelaskannya, anjing-anjing pelacak yang dibutuhkannya akan ditempatkannya di semua kantor BNN Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia. Hanya saja jumlah anjing pelacak dibedakan untuk setiap BNNK, tergantung tingkat kerawanannya.

“Kalau kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta khususnya yang menjadi alur keluar masuk, tentu jumlah anjing pelacaknya berbeda dengan daerah yang tidak terlalu rawan peredaran narkoba,” lanjutnya.

(Ahmad H. Budiawan)

()