Beranda Nasional Perkuat Perlindungan PMI, BP2MI Jalin Kerjasama dengan PBH Peradi Depok

Perkuat Perlindungan PMI, BP2MI Jalin Kerjasama dengan PBH Peradi Depok

Audiensi Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia (PBH Peradi) Depok ke BP2MI pada Rabu (18/1) kemarin (Dok. BP2MI)

Jakarta, aktual.com – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyambut langsung kunjungan silaturahmi dari Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia (PBH Peradi) Depok pada Rabu (18/1) kemarin. Benny pun menjelaskan tidak sedikit kasus-kasus hukum yang dialami oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan menyulitkan hidup mereka.

“Berbagai kasus hukum yang dialami oleh PMI juga cukup rumit. Sayangnya, mayoritas PMI juga bukan dari kalangan orang yang mampu untuk menyewa jasa pengacara. Maka, negara harus hadir memberikan pendampingan dan bantuan hukum,” kata dia dalam siaran pers yang diterima aktual.com.

Benny menjelaskan BP2MI tidak memiliki kekuatan hukum dalam ranah peradilan. Oleh karena itu, Benny pun melihat ada kesempatan emas berkolaborasi dengan PBH Peradi Depok untuk membela hak dan kepentingan PMI.

“BP2MI dapat menjalin sinergi dan kerja sama yang erat dengan PBH Peradi, seperti melalui penandatangan nota kesepahaman,” ujarnya.

Ketua PBH Peradi Depok, Rudi H. Nasution, menyampaikan kedatangan pihaknya ke kantor BP2MI lantaran karena adanya peluang untuk dapat memberikan sumbangsih kepada PMI. Terutama, ungkapnya, dalam hal bantuan hukum yang bersifat pro bono.

“Saya harap PBH Peradi dapat bersinergi dengan BP2MI untuk membantu permasalahan yang dialami oleh para PMI. Kami sangat terbuka dengan bentuk kerja sama melalui nota kesepahaman,” tutur dia.

(Megel Jekson)