Solo, Aktual.com – Tim Persis Solo mengakui kehebatan Semen Padang setelah kalah telak 1-6 pada pertandingan uji coba di Stadion Manahan Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (10/4) petang.

Pertandingan melawan tim dengan level di atasnya itu, sebagai ajang seleksi pemain baru Persis. Jumlah penonton pertandingan dengan para pemain yang bermain seru dan saling menyerang, terutama pada babak pertama tersebut, sekitar 5.000 orang.

Pada babak pertama, tiga pemain baru Persis sempat mengambil inisiatif serangan untuk menekan pertahanan Tim Semen Padang. Tuan rumah sempat mengimbangi permainan Semen Padang yang diperkuat tiga pemain asing, Cacio De Yesus (bek), Diego De Santos (gelandang), dan Marcel Sagramente (striker).

Persis lebih dahulu membobol gawang Semen Padang menit 33 melalui sundulan kepala Bayu Andra setelah memanfaatkan umpan dari sisi kiri yang dilaklukan Agung Wowot. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Semen Padang yang ketinggalan satu gol kemudian meningkatkan tempo permainan dengan menekan pertahanan tuan rumah agar bisa menyamakan kedudukan.

Semen Padang mendapat peluang emas dari tendangan keras yang dilakukan Diego De Santos dari luar kota penalti, tetapi bola berhasil ditangkap kiper Afif Bayu.

Semen Padang baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 42 setelah tendangan Diego De Santos dari luar kotak penalti tidak mampu diantisipasi Afif. Bola terlepas dari tangannya dan masuk gawang sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Hingga wasit Agus Joko dari Magelang yang memimpin pertandingan tersebut meniup peluit panjang tanda babak pertama usai, kedudukan imbang, 1-1.

Memasuki babak kedua, Persis menurunkan Rahmad Sabani menggantikan bek kanan Risman Maidulhah, untuk memperkuat barisan pertanahan tuan rumah yang bertubi-tubi digempur pemain Semen Padang, seperti Diego, Marcel Sagramente, dan Vadry Mafu. Gempuran lawan itu, membuat Afif harus bekerja keras menyelamatkan gawangnya.

Namun, gawang Persis kembali kebobolan pada menit 48 melalui tendangan keras kaki kanan Diego De Santos dari luar kotak penalti. Kedudukan berubah menjadi 1-2 untuk tim tamu.

Bahkan, Persis kebobolan lagi menit 50 melalui tendangan melengkung masuk sudut gawang yang dilakukan Nur Iskandar sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-3.

Sekitar satu menit kemudian atau menit 51, Persis kebobolan lagi melalui tendangan Vandry Mafu yang mengarah sudut gawang, dan tidak mampu diantisipasi Afif, sehingga kedudukan menjadi 1-4.

Pelatih Persis Solo Agung Setyobudi kemudian menarik Afif Bayu dan memasuki kiper cadangan, Iksan, serta menarik Andrid Wibowo untuk digantikan Wiji.

Namun, Semen Padang terus menekan dan mendapat peluang untuk menambah gol ke gawang Persis. Pada menit 79, Persis kebobolan melalui tendangan striker Tim Semen Padang, Chritopek Sibi yang baru masuk menggantikan Nur Iskandar. Kedudukan menjadi 1-5 untuk Semen Padang.

Semen Padang membekukan kemenangan menjadi 1-6 atas tim tuan rumah pada menit 85 melalui tendangan keras striker Marcel Sagramente yang memanfaatkan umpan silang Rico Simanjutak. Kedudukan 1-6 untuk Semen Padang bertahan hingga babak kedua usai.

(Antara)

()