Jakarta, Aktual.co — PT Pertamina (Persero) mengaku siap apabila rencana Pemerintah mengambil alih Sumur gas di Blok Mahakam dan menyerahkan pengelolaannya kepada Pertamina dapat terealisasi.

“Ya, kami siap. Lebih tepatnya tanya Pak Husen. Tapi sebagai anggota direksi, saya harus katakan bahwa Pertamina siap,” kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya di Jakarta Utara, Selasa (25/11).

Ketika ditanya sebesar apa kesiapannya, Hanung menyebut bahwa pihaknya siap 100 persen mengelola sumur gas yang berlokasi di Kalimantan Timur.

“Siap 100 persen. Segala kemungkinan apapun masih kita bahas. Ya nantilah kita bicarakan lagi, jadi jangan dipermasalahkan ya,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah juga belum bisa memastikan apakah nantinya Pertamina akan tetap menggandeng Total dalam pengerjaan Blok Mahakam tersebut. Akan tetapi, jika memang Pertamina ingin menggandeng partner dalam pengerjaan, mengingat ini adalah mega proyek, maka Pertamina diminta untuk tidak menggandeng perusahaan lain selain Total.

“Kita juga siap jika kita diminta mengerjakan sendiri Blok tersebut. Memang ini mega proyek, butuh dana besar dan belum tentu Pertamina bisa membiayai. Tapi kalau kita diberi 100 persen, Bank-bank itu akan datang ke kita. Pasti mereka antri ke kita,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemerintah akan menyerahkan blok Sumur gas di Blok Mahakam kepada PT Pertamina (Persero). Kontrak Sumur gas yang berletak di Kalimantan Timur dan dikelola oleh Total E&P itu akan berakhir pada 2017 mendatang.

“Langkah tersebut masih dalam proses persiapan. Semangatnya diberikan ke Pertamina, nanti bagaimana Pertamina yang memanfaatkannya semaksimal mungkin,” kata Kepala Unit Pengendalian Kinerja Kementerian ESDM Widyawan Prawiraatmadja.

()

(Eka)