Jakarta, Aktual.com — Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) terpaksa membeli obat ke apotek nonmitra karena obat tidak tersedia, Rabu (23/3).

“Saya disuruh balik lagi beberapa hari ke depan karena obat jenis lisinopril tidak ada. Padahal obat saya akan habis,” kata Junike Agustin, peserta BPJS.

Akibatnya kata ibu dua anak yang telah mengidap hipertensi dan harus minum obat permanen, dirinya terpaksa membeli obat ke apotek terdekat sehingga penggunaan obat tidak terputus.

“Sambil menunggu obat di apotek mitra tersedia, untuk sementara waktu obat itu dibeli dulu, nanti kalau sudah ada, baru diambil lagi,” katanya.

Kepala Kantor Layanan operasional BPJS Kesehatan Kota Tomohon Nyong Ben mengatakan, sistem aplikasi saat ini sementara dalam perbaikan.

“Mungkin satu atau dua hari lagi ini sudah selesai perbaikan. Memang obat peserta BPJS yang masih tersedia di apotek masih bisa diberikan bila ada peserta yang datang mengambil. Tapi kalau memang sudah tidak ada, belum bisa terlayani, nanti kalau sudah dientri,” katanya.

Dia pun menyarankan, peserta BPJS yang obatnya sudah habis dapat membeli ke apotek nonmitra karena nanti akan diganti pihak apotek.

“Cukup bawa saja bukti pembayaran dan nanti diserahkan ke pihak apotek. Hanya saja, harga yang akan diganti tidak akan seperti yang berlaku di apotek nonmitra BPJS,” katanya.

Terpantau wartawan Antara, seorang bapak terpaksa disuruh kembali pekan depan karena obat yang diminta tidak tersedia.

“Nanti balik pekan depan ya pak,” kata Muti, pegawai apotek Nusantara.

(Nebby)