Jember, Aktual.com – Pemandangan tak biasa ada di Alun- alun Jember, Rabu (9/11). Sejumlah kendaraan listrik roda 4 yang dikomandoi Kementerian Perhubungan, singgah sekaligus memberikan sosialisasi, sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali. Kementerian Perhubungan bakal melaksanakan Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Art Bali, Bali Collection dan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Jakarta-Bali mulai tanggal 7 – 11 November 2022, yang diikuti oleh rombongan berjumlah 15 Kendaraan Listrik dan 5 kendaraan konvensional sebagai pendamping.

“Tentunya kita melihat dimasa depan akan ada mobil listrik dengan populasi akan semakin banyak. Contohnya di Jakarta, kita melihat sudah semakin masif orang memiliki kendaraan listrik, baik itu mobil ataupun motor listrik,” ujar Sales Analyst PLN Pusat Wilfrid Sahat P. Siregar, usai mengikuti City tour bersama Bupati dan peserta Touring di UP3 PLN Jember.

Selain itu juga, guna mendukung sarana infrastruktur yang akan menjadi kebutuhan, PLN membangun SPKLU Dan SPBKLU

“Nah kami dari sisi PLN, akan menyiapkan sarana Infrastrukturnya. tentunya dengan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum untuk mobil. Sedangkan untuk spbklu Stasiun penggantian baterai listrik umum,” ungkap Wilfrid.

Sedangkan untuk kebutuhan pada kegiatan KTT G20 di Bali, PLN membangun puluhan SPKLU dengan daya 100 Kwh. Namun setelah kegiatan KTT G20, SPKLU tersebut akan segera dibagikan ke unit daerah.

“Kita sekarang untuk mendukung KTT G20 yang di Bali, kita membangun ada 70 spklu Ultra fast charging dengan 100 KWH seperti yang ada di sini dan sudah kami bangun 70 di Bali. Tapi nanti setelah selesai KTT G20, yang 70 unit ini akan kita bagi ke seluruh seluruh unit PLN daerah yang ada di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan, bahkan seluruh Indonesia akan kami bagi,” beber wilfrid.

Disamping itu, Manajer Bagian Pemasaran & Pelayanan Pelanggan UP3 PLN Jember Djeniet Prasetiono, menyampaikan bahwa guna mendukung kegiatan KTT G20 yang di singgahi peserta touring Jakarta – Bali, UP3 PLN Jember menyediakan Fasilitas Charging untuk digunakan para peserta touring.

“Terkait untuk yang di Jember sendiri dengan kegiatan G20 juga Sama ya, yang mana untuk kegiatan yang di Jember, kami juga persiapkan yang jelas adalah SPKLU disini guna memberikan fasilitas, yang mana ada dua unit yang kapasitasnya 100 KW, dengan proses Chargingnya cepat cukup waktu antara setengah jam sampai 1 jam sudah penuh. kemudian ada dua jenis lagi dengan kapasitas kurang lebih sekitar 7,4 KW yang bisa dimanfaatkan juga untuk pengecasan mobil tapi durasinya kurang lebih sekitar 6 sampai 7 jam,” ungkap Djaniet.

Selain itu juga, UP3 PLN Jember juga menyediakan fast charging di pemkab Jember guna mempermudah kebutuhan para peserta touring untuk charging mobilnya.

“Kemudian kami juga mempersiapkan di p
Pemkab Jember, yaitu ada dua unit SPKLU dengan daya 11 KW. kemudian, satu unit lagi dengan daya 60 KW. mudah-mudahan dengan fasilitas yang kami sediakan bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam kegiatan mendukung touring mobil listrik,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)