Mekkah, Aktual.com – Petugas haji yang bertugas melayani jamaah di Madinah segera mengosongkan kota tersebut dan bergerak menuju Mekkah setelah seluruh kloter diberangkatkan ke Mekkah.

“Mulai besok sebagian petugas Madinah akan meluncur ke Mekkah. Setelah itu mereka akan kami deploy ke Masjidil Haram untuk memback up petugas Sektor Khusus kami melayani jamaah di Masjidil Haram yang sudah semakin padat,” kata Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) 2019 Subhan Cholid di Kota Mekkah, Minggu (28/7).

Puluhan petugas itu pada tahap pertama akan diterjunkan membantu Sektor Khusus yang ditempatkan di sejumlah titik-titik krusial di Masjidil Haram. Terlebih menjelang puncak musim haji, kawasan Masjidil Haram sudah sangat padat.

“Dari Madinah akan datang 80 orang, dua bus besok. Selanjutnya dua hari kemudian ada lima bus akan berangkat dari Madinah. Nanti akan kami deploy mereka sesuai dengan rencana yang kita harapkan,” katanya.

Selama puncak musim haji, seluruh petugas yang bertugas di Daerah Kerja Arab Saudi meliputi Mekkah, Madinah, dan Bandara, akan berkonsentrasi penuh pada pelayanan jamaah selama Armuzna (Arafah-Muzdalifah-Mina).

Mereka akan diterjunkan seluruhnya ke Kota Mekkah untuk melayani jamaah.

Setelah puncak musim haji selesai, para petugas tersebut akan kembali ke poskonya masing-masing karena pergerakan jamaah juga tidak sekadar akan di Kota Mekkah.

(Arbie Marwan)