Jakarta, Aktual.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono memastikan pedagang Blok I dan II Pasar Senen yang kiosnya terbakar bisa kembali berjualan. Rencananya, mereka akan dipindah ke Blok V.

Ia pun akan mencari alternatif tempat lain jika ada sisa pedagang yang tidak kebagian tempat.

“Nggak mungkin pemerintah membiarkan begitu saja. Semua nanti kita masukkan ke Blok V. Jumlahnya 700 di sana. Kalau kekurangannya kita cari tempat lagi, di deket bioskop, di situ masih bisa,” ungkap Soni saat meninjau lokasi kebakaran Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Dikatakan Soni, prioritas Pemprov DKI setelah pemadaman cepat selesai adalah mencari tempat penampungan untuk relokasi pedagang yang terdampak.

Kepada para pedagang, ia pun menyatakan bahwa kedatangannya memang dimaksudkan untuk memastikan pedagang dapat berdagang meskipun kiosnya terbakar.

“Jadi semua tidak usah khawatir dengan suasana seperti ini, pemerintah memberikan jaminan. Yang penting kami padamin (api) dulu. Kedatangan saya ke sini memastikan agar bisa berdagang. Sekarang tenang, moga-moga anginnya nggak kenceng agar bisa kita selesaikan,” ucap Soni.

Dalam kebakaran ini, si ‘jago merah’ telah melalap 1.012 kios yang terdapat di blok 1 dan 2 Pasar Senen. Untuk sementara pihak berwenang menduga korsleting sebagai penyebab kebakaran.

 

laporan: Teuku Wildan

()