Jakarta, aktual.com – Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyarankan kepada Presiden Joko Widodo sebagai tuan rumah KTT G20 untuk tidak mengundang Vladimir Putin dalam acara tersebut.

“Ini akan menjadi masalah besar bagi banyak negara, termasuk Kanada,” katanya kepada para wartawan di Ottawa, Kanada.

Ia juga mengatakan bahwa tujuan KTT G20 agar dapat mendorong perekonomian dunia semakin baik justru diputar balikkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

“Rusia dengan invasi ilegalnya ke Ukraina telah menjungkirbalikkan pertumbuhan ekonomi bagi semua orang di seluruh dunia dan tidak mungkin menjadi mitra konstruktif dalam cara kita mengelola krisis yang diciptakan oleh invasi ilegal Rusia ke Ukraina,” tutur pemimpin Kanada itu.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa urusan seperti itu tidak bisa dijadikan alasan berpura-pura bahwa keadaan baik-baik saja ketika Putin berada dalam di sekitar meja KTT G20.

“Intinya adalah tidak mungkin urusan seperti biasa dengan memiliki Vladimir Putin duduk di sekitar meja berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja, karena itu tidak baik-baik saja, dan itu salah dia,” cetus Trudeau.

(Rizky Zulkarnain)