Subang, Aktual.com – Dompet Dhuafa mengklaim telah berhasil memberdayakan dan mengangkat potensi lokal daerah. Presiden Direktur Dompet Dhuafa Philanthropic, Ahmad Juwaini mengatakan bukti nyatanya adalah lahan 10 hektar yang dibeli Dompet Dhuafa beberapa tahun lalu di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang, Jawa Barat.

Saat ini, ujar dia, lahan tersebut dimanfaatkan untuk pertanian buah-buahan dan peternakan domba.

Ada ribuan pohon buah naga yang sudah berkali dipanen sejak tahun 2013. Lalu 30 domba di peternakan. Sebelumnya ada 90 domba, namun 60 domba sudah disalurkan jadi hewan qurban di Idul Adha tahun 2015. Rencananya, ada ratusan domba lagi yang akan datang di 2016 untuk diternak.

Bertepatan dengan acara Care Visit bertajuk Panen Raya yang diadakan di lahan tersebut, Sabtu (13/2), ada hal menarik yaitu adanya acara penanaman bibit jambu kristal yang di wakili oleh beberapa tamu undangan di acara tersebut.

Apa yang disampaikan Ahmad bukan isapan jempol. Sahrun (58) salah satu petani binaan, akui pendapatannya meningkat dengan keberadaan lahan Dompet Dhuafa.

Dulu sebelum ada Dompet Dhuafa, ingat dia, tiap panen harus membagi keuntungan dengan pemilik modal sekitar 150-300 ribu rupiah tergantung banyaknya panen.

“Sekarang semenjak Dompet Dhuafa punya lahan disini dan saya kerja disini saya sangat senang karena dalam sehari saya dikasih 50 ribu.”ucap dia, saat ditemui Aktual.com, di Subang, Sabtu (13/2).

Petani lainnya, Kang Ade, mengakui jika dirinya dan para warga setempat sangat merasakan hasil dari program pemberdayaan tersebut. “Saya sudah 21 tahun bertani, menggarap lahan bukan kerjaan baru lagi buat saya. Tapi menggarap lahan milik umat, suatu kebahagian dan kebanggaan terbesar saya,”kata kang Ade.

Rasa bahagia akan program ini ternyata juga dirasakan seorang donatur Dompet Dhuafa, bernama Diah.

“Namanya beramal pasti senang dan ada kepuasan sendiri jadinya, lihat kenyataan nya seperti ini buahnya tumbuh subur dan ternaknya terawat. Tadi juga saya udah ketemu sama petaninya, melihat mereka senang bekerja di sini saya jadi ikut senang, Insya Allah berkahlah jika dapat dijalankan dengan baik,” ucap Diah.

()

()