Tim Gegana Polda Jatim Datangi Sekolah Kristen Gloria 2 Surabaya yang mendapat Ancaman Dibom
Tim Gegana Polda Jatim Datangi Sekolah Kristen Gloria 2 Surabaya yang mendapat Ancaman Dibom

Surabaya, Aktual.com – Tim penjinak bom (Jibom) Detasemen Gegana Satuan Brigadir Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengamankan temuan mortir di kawasan Jalan Kebon Rojo Surabaya.

Mortir yang terlihat berkarat itu ditemukan pada sekitar pukul 07.00 WIB tadi pagi oleh seorang pekerja dari Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya saat menggali tanah untuk membuat taman, tepatnya di samping Gedung Bank Mandiri, Jalan Kebon Rojo Surabaya.

Kepala Unit Jibom Detasemen Gegana Brimob Polda Jatim Inspektur Polisi Satu (Iptu) Irwan, Minggu (30/6) di Surabaya, menduga mortir yang ditemukan tersebut merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda.

“Mortir ini panjangnya sekitar 30 sentimeter, dengan diameter sekitar 7 sentimeter, sekarang sudah berhasil kami amankan,” katanya kepada wartawan di Surabaya, usai melakukan evakuasi, Minggu sore.

Dia mengidentifikasi mortir peninggalan kolonial Belanda tersebut masih aktif dan memiliki daya ledak yang tergolong tinggi.

“Kalau dilihat dari ciri-cirinya, mortir ini merupakan buatan pabrik. Unsur TNT-nya sangat besar dan tergolong ‘high explosive’. Tentu sangat berbahaya,” ucapnya.

Selanjutnya, Iptu Irwan menandaskan, terhadap mortir yang telah diamankan tersebut, akan dilakukan tindakan disposal.

‚ÄúTindakan yang kami lakukan sekarang adalah mengamankannya dulu. Selanjutnya akan kami lakukan disposal atau penceraiberaian,” ujarnya.

(Arbie Marwan)