Kombes Pol Adip Rojikan S.Ik MH (Abdul Fatah)

Ternate, aktual.com – Polda Maluku Utara (Malut) menyusun langkah-langkah pencegahan dan penanganan COVID-19 menjelang natal dan tahun baru (Naturu) terkait instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terkait pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Kombes Pol Adip Rojikan S.Ik MH di Ternate, Rabu (8/12) mengatakan pengamanan Operasi Nataru akan dilaksanakan dengan sandi operasi Lilin Kie Raha-2021 selama 10 hari terhitung dari tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Sebab, untuk Personil Polda Malut serta Jajaran yang akan dilibatkan dalam pengamanan menjelang Nataru, yaitu 569 personil, terdiri dari 99 Personil Polda, 470 Personil Polres jajaran.

Sementara jumlah Pos yang akan disiapkan Polda Malut dan Polres Jajaran yaitu 87 Pos terdiri dari 53 Pos pengamanan, 31 Pos pelayanan dan 3 Pos terpadu, adapun yang jadi tempat pengetatan dan pengawasan yaitu gereja, terminal, Pelabuhan, Bandara, tempat perbelanjaan, pasar tradisional dan tempat wisata serta 0bjek/tempat pergantian saat tahun baru, dengan memberlakukan kebijakan sesuai pada Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Kabid menjelaskan, sebelum Nataru nanti Polda Malut akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan instansi terkait, pengurus gereja, manajemen perbelanjaan dan pengurus wisata, apa yang harus diperhatikan selama Nataru nanti.

“Kita berharap masyarakat tidak mengabaikan kebijakan tersebut, meskipun kondisi COVID-19 saat ini menurun. Tetap menjaga protokol kesehatan dan sama-sama melaksanakan Natal dan Tahun Baru ini di rumah saja, jangan sampai gelombang ketiga terulang kembali,” katanya, Rabu (8/12).

Lebih lanjut, Kabid mengatakan, mari bersama-sama menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat jelang nataru serta menghimbau kepada masyarakat jika meninggalkan rumah, pastikan situasi rumah dalam keadaan aman untuk menghindari terjadinya kebakaran maupun pencurian, juga dilarang menjual, menyediakan, mengkonsumsi minuman beralkohol (miras) dan narkoba.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)