Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan apel pasukan pengamanan lalu lintas jelang aksi unjuk rasa mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Jakarta, Aktual.comPolda Metro Jaya  menyiapkan personel untuk mengamankan 16 titik di Jakarta dan sekitarnya yang diprediksi menjadi pusat keramaian pada malam tahun baru 2023.

“Antisipasi keramaian malam tahun baru ada di 16 lokasi yakni  Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, Patung Ondel-Ondel, Jakarta Aquarium, Ancol, TMII, Kota Tua, PIK, Blok M, Senopati, Kemang, Ragunan, BSD, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangan tertulis, Selasa (27/12).

Selain penempatan personel di 16 titik tersebut, Zulpan juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi kerawanan dan gangguan keamanan pada malam pergantian tahun.

Potensi gangguan keamanan dan kerawanan pada malam Tahun Baru antara lain kerumunan massa, kenaikan angka COVID-19, dan kemacetan akibat konvoi dan pawai keliling.

Kemudian aksi kriminalitas,  konflik antarwarga seperti tawuran, gangguan keamanan akibat pesta minuman beralkohol, dan konflik ormas.

Tidak hanya itu, Polda Metro Jaya juga meminta masyarakat waspada terhadap bencana alam, seperti banjir dan kebakaran.

Potensi gangguan keamanan lainnya pada malam tahun baru adalah aksi teror, seperti bom, sabotase tempat ibadah, sentra ekonomi, dan pariwisata.

Kemudian untuk memastikan perayaan malam pergantian tahun berjalan dengan aman, Polda Metro Jaya telah menggelar Operasi Lilin Jaya 2022 dengan fokus pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Sebanyak 7.421 personel kepolisian akan dilibatkan dalam Operasi Lilin Jaya 2022 mulai 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan puluhan pos pengamanan dan pelayanan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kepolisian selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Untuk pos pam (pos pengamanan) dalam Operasi Lilin Jaya 2022, itu ada sebanyak 97, adapun pos pelayanan atau pos yan ada 38 tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya, baik itu DKI, Tangerang, Bekasi, Depok,” ujar Zulpan.

(Wisnu)