Jakarta, Aktual.com – Petugas Polda Metro Jaya, akan menskenariokan prioritas lampu merah atau “traffic light” (TL) bagi pengendara yang keluar tol kembali ke Jakarta usai liburan Natal.

“Kita gunakan kewenangan polisi untuk memprioritaskan kendaraan keluar tol melintasi traffic light dua kali lampu hijau,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Risyafuddin Nursin saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (27/12).

Risyafuddin menjelaskan pengendara yang keluar pintu tol menuju jalan arteri melintasi traffic light akan diberikan kesempatan melanjutkan laju kendaraan meskipun saat lampu perempatan menyala merah.

Risyafuddin beralasan tindakan itu guna mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi di jalur tol.

Ia memperkirakan jika jalur arteri lancar, maka akan mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalur tol.

Perwira menengah kepolisian itu juga mengimbau pengendara yang kembali ke Jakarta usai liburan Natal dapat melintasi jalur alternatif atau menghindari akses jalan tol.

Pihak kepolisian memperkirakan jalur tol yang menuju Jakarta dari arah Merak maupun Cikampek akan terjadi kepadatan lalu lintas setelah masyarakat merayakan liburan pendek Natal.

Diperkirakan jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Merak dan Cikampek mengarah Jakarta akan meningkat mulai Minggu (17/12) siang hingga Senin (28/12) dinihari.

(Ant)

()