Jakarta, Aktual.co — Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende mengungkapkan bahwa, jajarannya akan tetap mewaspai perayaah Hari Ulang Tahun (HUT) Melanesia, yang diperingati tiap tahun pada 14 Desember.

“Polda Papua dan jajaran dibawah tetap mewaspadai hal itu, meski pada 1 Desember lalu tergolong aman,” kata Irjen Yotje Mende di Kota Jayapura, Papua, Selasa (9/12).

Ia menegaskan, perayaan 14 Desember oleh kelompok Melanesia di Tanah Papua harus disikapi dengan serius dan terukur, walaupun kelompok itu hanya sebagian kecil saja, tetapi menjaga keamanan dan ketertiban umum adalah hal terpenting.

“Apalagi menjelang Natal yang membutuhkan ketenangan dan kedamaian. Kami inginkan situasi tetap kondusif, aman dan nyaman,” katanya.

Menjaga keamanan dan kedamaian, lanjut Yotje perlu digaungkan, karena perayaan HUT Melanesia yang biasa disebut hari kemerdekaan bagi Bangsa Papua Barat, perlu didukung peran aktif dari semua pihak yang ada di daerah itu.

“Peran aktif dari seluruh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh pemangku kepentingan di tanah Papua sangat penting,” katanya.

Namun, hal itu juga perlu didorong dengan imbauan di media cetak dan elektronik, sehingga media akan berperan aktif untuk memberikan pencerahan lewat pemberitaan yang menyejukkan.

“Peran aktif media di Papua dalam menjaga keamanan itu penting, terutama dalam menyampaikan informasi,” kata Yotje dan menambahkan jika dapat informasi apa saja bisa langsung disampaikan.

“Bisa ke saya atau langsung ke Kabid Humas,” lanjut dia.

Untuk itu, Yotje menyampaikan jika Polda Papua dan jajarannya akan menyebar aparat keamanan disejumlah titik yang dianggap rawan kriminal atau perbuatan tidak bertanggung jawab lainnya.

“Tentunya dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, anggota Polda Papua dan jajaran akan diturunkan di lokasi-lokasi yang memang dianggap rawan,” katanya.

“Kami berharap tidak ada kejadian jelang HUT Melanesia itu nanti, apalagi bulan ini merupakan suasana natal. Kita jaga kebersamaan ini, dengan harapan natal bisa terlaksana dengan baik dan kita semua bisa ambik hikmahnya,” tambahnya.

Setiap 14 Desember oleh kelompok tertentu di Papua diperingati sebagai HUT melanesia, dimana benderanya biasa disebut Bintang 14.

()

()