Jakarta, Aktual.co — Ketua DPR, Setya Novanto mengatakan,  polemik di parlemen yang terjadi antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) segera berakhir. Dirinya pun memperkirakan sidang bersama akan segera dimulai hari ini, Senin (10/11).
“Nanti kita akan rapat, untuk memutuskan bagaimana antara kita semua (kedua pihak), membuat pendekatan-pendekatan kebersamaan musyawarah mufakat, supaya ini bisa selesai dengan cepat,” kata Setya kepada wartawan, di gedung DPR, Jakarta.
Menurut dia, setelah beberapa minggu terakhir para elite KIH dan KMP intensif melakukan pertemuan. Dikatakan dia, pimpinan dua kubu sudah melakukan finalisasi kesepakatan antara KIH dan KMP soal akhir konflik di parlemen dilakukan pada Sabtu malam lalu, dimana dalam pertemuan itu seluruh tokoh terlibat.
“Kita bicarakan nanti, supaya semua klop dan berjalan dalam musyawarah mufakat. Saya yakin semua berjalan dengan baik kalau semua memberikan jalan keluar,” kata dia.
Dirinya yakin KIH dan KMP tidak akan saling memaksakan kehendak soal posisi alat kelengkapan dewan (AKD). Setya mengatakan kedua kubu telah berkomitmen mengakhiri konflik guna membantu program pemerintahan Joko Widodo.
“Ini tergantung kesepakatan bersama,” kata dia.

(Novrizal Sikumbang)

()