Banda Aceh, Aktual.co —  Polres Aceh Timur, Senin (27/10) sekitar pukul 09.00 WIB, menangkap empat pria yang diduga kawanan kelompok bersenjata api di empat lokasi terpisah. Penangkapan ini dilakukan dengan cara menyamar dan mendekati target operasi. Kontak tembak antara polisi dan kelompok bersenjata diwarnai dalam aksi penangkapan ini.
Kapolres Aceh Timur, AKBP Muhajir kepada Aktual.co, Senin (27/10) malam menyebutkan pihaknya menggunakan dua truk pengangkut tandan sawit menangkap pelaku pembakaran mobil escavator milik PT Agra Wisesa dua bulan lalu. 
“Tersangka yang kita tangkap awalnya Anwar, 37 tahun. Dia warga Desa Semenah Jaya, Kecamatan Rantau, Peureulak Aceh Timur,” jelas Kapolres. 
Ditambahkan, Anwar merupakan residivis dengan kasus kepemilikan senjata api dan menjadi DPO Polda Sumatera Utara. Senajata yang dimiliki Anwar digunakan untuk merampok Bank CIMB Niaga Medan tahun lalu. “Selain itu, dia juga masuk dalam DPO Polres Aceh Timur dalam kasus perampokan tauke getah baru-baru ini,” ujarnya.
Setelah berhasil menangkap Anwar, pasukan yang dipimpin Kapolres lalu menangkap tersangka lainnya yang terlibat dalam kasus pembakaran alat berat milik PT Agra Wisesa. Mereka yang berhasil ditangkap yaitu Idris Hasbi (23), David Chandar Jasman (18) dan Marzuki Ramli (29) warga Desa Semenah Jaya, Aceh Timur.
“Setelah menangkap empat tersangka itu, kita lalu mengembangkan pencarian. Kita memburu bos dari empat tersangka ini yaitu Abu Rimba alias Bahrum,” sebut Kapolres.
Dikatakan, pihaknya berhasil mendeteksi lokasi persembunyian Abu Rimba di salah satu gubuk di kawasan perkebunan pinang. Ketika penggerebekan dilakukan, Abu Rimba bersama tiga rekannya melakukan perlawanan dan kontak tembak pun tak bisa dihindari.
“Abu Rimba berhasil kabur, kita berhasil menyita satu senjata jenis AK 47 tanpa popor warna hitam, lengkap dengan magazen yang berisi 20 butir peluru milik kelompok ini,” pungkas Kapolres.
Seperti diberitakan sebelumnya, Polres Aceh Timur mendeteksi tiga kelompok bersenjata di Aceh Timur. Mereka adalah kelompok Gambit, Abu Rimba dan Abu Minimi.

()