Timnas Indonesia saat jalani prosesi latihan jelang menjamu Vietnam pada semifinal piala AFF, Jumat (6/1) sore.

Jakarta, Aktual.com – Polri mengizinkan laga semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia dan Vietnam ditonton sebanyak 50 ribu orang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (6/1).

“Kami terus mengikuti perkembangan pertandingan dan perilaku penonton serta penilaian risiko, maka pertandingan nanti sore di GBK dapat ditonton 50 ribu penonton,” kata Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy  di Jakarta, Jumat (6/1).

Pertandingan Indonesia melawan Vietnam itu mulanya dijadwalkan pukul 19.30 WIB. Namun, dengan alasan keamanan, jadwal pertandingan dimajukan menjadi pukul 16.30 WIB.

Agung menjelaskan persiapan pengamanan pertandingan sepak bola di GBK semakin baik. Polri fokus bekerja sama dalam pengendalian perilaku penonton di dalam dan di luar stadion.

Pengamanan stadion juga menjadi bagian tak terpisahkan dengan pertandingan yang memerlukan persiapan dengan baik. Potensi gangguan hingga gangguan nyata telah disiapkan dalam perencanaan keamanan dan keselamatan. Dengan demikian, keamanan dan keselamatan menjadi hal yang menyatu dengan fokus berbeda.

(Arie Saputra)