Jakarta, Aktual.com – PT Pos Indonesia ambil bagian dalam Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang salah satunya menggemakan kejuaraan olahraga empat tahunan terbesar di Asia itu melalui prangko khusus.

Kepala Region 4 Jakarta PT Pos Indonesia, Pupung Purnama dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Jumat (16/2), mengatakan apa yang dilakukan itu merupakan bentuk dukungan mensukseskan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

“Sebagai perusahaan negara, kami juga ikut mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan mempromosikan melalui prangko seri khusus. Asian Games 2018 Energy of Asia,” katanya.

Menurut dia ada 11 cabang olahraga yang dicetak dalam prangko edisi Asian Games 2018 yaitu renang, sepak bola, bulu tangkis, renang indah, basket, wushu, judo, berkuda, atletik, pencak silat dan bola voli.

“Minisheet, souvenir sheet dan Sampul hari pertama dapat diperoleh di setiap kantor pos besar di seluruh Indonesia. Sedangkan kemasan edisi khusus hanya bisa diperoleh di Jakarta dan Palembang,” kata Pupung menambahkan.

Selama 18 kali penyelenggaraan Asian Games, PT Pos Indonesia telah menerbitkan lima kali prangko seri kejuaraan empat tahunan itu. Edisi pertama adalah Asian Games 1951 di India, 1962 di Indonesia, 1994 di Jepang dan 1998 di Thailand. Dan tahun ini kembali di Indonesia.

Prangko edisi khusus ini, kata Pupung peminatnya cukup banyak termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Bahkan mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu membeli langsung prangko edisi khusus Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

“Prangko bisa dijadikan pesan kebangsaan bahwa Asian Games 2018 adalan acara milik seluruh masyarakat Indonesia. Saya berharap dengan adanya prangko ini kita bisa mengampanyekan bahwa Asian Games adalah event bangsa Indonesia bukan hanya Jakarta dan Palembang,” kata Anies Baswedan.

Sementara itu, persiapan untuk menghadapi Asian Games 2018, 18 Agustus mendatang terus berjalan. Bahkan, INASGOC selaku penyelenggara sudah menggelar turnamen ujicoba kejuaraan empat tahunan tersebut. Ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Tujuan turnamen ujicoba sendiri adalah untuk menguji kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah baik secara infrastruktur, sumber daya manusia serta kesiapan dalam menggelar kejuaraan terbesar di Asia itu.

ANT