Jember, Aktual.com – Semenjak Kabupaten Jember ditetapkan sebagai Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Palang Merah Indonesia (PMI) Jember Makin masifkan lagi penyemprotan Disinfektan melalui Relawannya.

Seperti kali ini pada, Kamis (22/07) pagi. Sebanyak 3000 liter cairan disinfektan yang disemprotkan ke rumah penduduk dan fasilitas umum sesuai dengan permohonan warga pada satu desa di kecamatan Mumbulsari.

Santos Marvilus selaku Sekretaris desa Lengkong kecamatan Mumbulsari Jember, menyampaikan bahwa Ratusan rumah di desa lengkong disterilisasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat. Apalagi di desa tersebut ada lima warga yang meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19, sementara 10 warga kini masih dalam perawatan medis.

“Ada warga kami yang meninggal dunia dan ada yang masih dalam perawatan medis akibat terpapar Covid-19,” ujarnya.

Menurut Santos, warga yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 tersebut berasal dari empat dusun diantaranya, Dusun Krajan, Bulangan, Beji dan Jambesari.

“Karenanya saya ucapkan terima kasih pada PMI yang telah melakukan penyemprotan disinfektan di desa kami ini, semoga dengan kegiatan ini warga bisa tenang dan lebih meningkatkan disiplin protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rupianto selaku Kepala Unit Markas PMI Jember yang memimpin pelaksanaan kegiatan kemanusiaan penyemprotan disinfektan mengatakan, bahwa di desa lengkong, PMI Jember menerjunkan dua unit kendaraan khusus penyemprotan disinfektan, satu diantaranya berupa mobil gunner yang selama ini keliling ke beberapa lokasi untuk mensterilisasi kawasan yang terdampak Covid-19.

“Dua unit kendaraan khusus penyemprotan disinfektan kami kerahkan ke desa lengkong, mumbulsari dimana satu diantaranya adalah mobil gunner, ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat selain juga tetap mematuhi protokol kesehatan yang selama ini menjadi kewajiban masyarakat ditengah wabah pandemi, ” pungkasnya.

(Aminudin Aziz)

(Nusantara Network)