Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Udara dan Antariksa Prancis Général d'Armée Aérienne Stéphane Mille di Kemhan, Jakarta, Senin (11/7).

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebutkan bahwa Prancis merupakan mitra strategis bagi Indonesia dalam geopolitik dan geostrategis.

“Prancis adalah mitra strategis utama bagi Indonesia dalam hal geopolitik dan geostrategi,” kata Prabowo saat menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara dan Antariksa Prancis Général d’Armée Aérienne Stéphane Mille di Kemhan, Jakarta, Senin (11/7).

Saat menerima kunjungan Kasau Prancis itu, Prabowo menyoroti kesuksesan dan upaya peningkatan hubungan antara kedua negara.

Prabowo menyampaikan apresiasi atas peran aktif Mille dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara.

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan di kawasan Indo Pasifik, Prancis memiliki peran yang sangat strategis untuk meningkatkan stabilitas perdamaian dan keamanan.

Prabowo mengapresiasi dukungan Prancis terhadap modernisasi alutsista Indonesia.

Program akuisisi alutsista dari Prancis diupayakan agar meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia melalui kegiatan transfer teknologi dan kerja sama.

Sebelumnya, pada 10 Februari 2022 di Jakarta, Indonesia dan Prancis telah menandatangani beberapa MoU di bidang kerja sama pertahanan.

Pertama, antara Kemhan dengan Dassault Aviation. Kedua, MoU kerja sama di bidang riset dan pengembangan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Naval Group.

Ketiga, kerja sama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad (Persero) dan Nexter Munition. Keempat, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT Len Industri (Persero) dan Thales Group.

(Arie Saputra)