Ilustrasi. Awan hitam menyelimuti langit Jakarta, Kamis (4/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi curah hujan yang tinggi dan berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologis di sejumlah daerah akibat adanya fenomena La Nina yang di prediksi akan berlangsung dari akhir tahun hingga Februari 2022. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang turun di sejumlah kota besar di Indonesia pada Selasa siang dan malam.

Pada siang hari hujan dengan intensitas ringan berpeluang turun di Kota Bandung, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, dan Manokwari.

Kota Yogyakarta, Pontianak, dan Mataram berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang dan Kota Pangkal Pinang berpeluang menghadapi hujan disertai kilat/petir pada siang hari.

Wilayah Kota Serang, Banjarmasin, Samarinda, Ambon, Ternate, Jayapura, Padang, Palembang, dan Medan diprakirakan berawan.

Cuaca Kota Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Semarang, Tarakan, Kupang, Makassar, dan Kendari diprakirakan cerah berawan.

Hanya Kota Surabaya, Mamuju, Pekanbaru, dan Manado yang cuacanya diprakirakan cerah pada siang hari.

Pada malam hari, hujan ringan berpeluang turun di Kota Serang, Jakarta Pusat, Bandung, Samarinda, Ambon, Ternate, dan Medan dan hujan disertai petir berpotensi terjadi di Kota Tarakan dan Pekanbaru.

Cuaca Kota Gorontalo dan Kupang diprakirakan cerah pada malam hari, sementara Kota Banda Aceh, Denpasar, Surabaya, Pontianak, Pangkal Pinang, Jayapura, Mamuju, Kendari, Manado, dan Padang diprakirakan cerah berawan.

Kota Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Semarang, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Manokwari, Makassar, dan Palembang diprakirakan berawan pada malam hari.

(Nurman Abdul Rahman)