Ternate, Aktual.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir untuk membuka secara langsung pelaksanaan Sail Tidore di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut) yang berlangsung pada 24-29 November 2022.

“Sesuai jadwal, kehadiran Jokowi di Maluku Utara akan mendapat pengamanan ketat TNI-Polri,” kata Komandan Korem (Danrem) 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito di Ternate, Selasa (8/11).

Untuk kunjungan Presiden Jokowi ke Malut, katanya, tentunya saat ini Korem 152/Babullah sudah siap melakukan pengamanan berdasarkan standar operasional prosedur.

Selain itu, TNI melakukan pengamanan sesuai kebutuhan di lapangan dan akan melibatkan unsur terkait, baik Polda Malut maupun instansi lainnya.

“Dari pengamanan ini sifatnya kita sesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” kata dia.

Ia menyebut pengamanan kunjungan Presiden Jokowi ke daerah itu dilakukan secara VVIP, seperti halnya kunjungan ke daerah itu beberapa bulan lalu, saat membagikan Bantuan Langsung Tunai-Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) kepada warga setempat.

Ia menyatakan saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kodam XVI/Pattimura untuk membahas kesiapan pengamanan kegiatan itu.

“Kita akan melakukan menyesuaikan dengan pengalaman sebelumnya. Jelas saat ini kita sudah siap jika Bapak Presiden hadir buka Sail Tidore,” katanya.

Korem 152/Baabullah melakukan pengamanan selama kunjungan Presiden Joko Widodo ke Malut selama dua hari pada 27-28 September 2022, di mana seluruh personel TNI/Polri berjumlah sekitar 2.600 orang ditempatkan di sejumlah area yang ditentukan selama kunjungan tersebut.

(Warto'i)