Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1)

Jakarta, Aktual.com – Presiden RI Joko Widodo berharap keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Mihanasa Utara, Sulawesi Utara, bisa turut mencegah banjir bandang yang pernah terjadi tahun 2014 di Manado.

“Karena ini berada di atas Manado, sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” kata Presiden dalam sambutannya pada peresmian bendungan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, sebagaimana dipantau dalam tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden dari Jakarta, Kamis (19/1).

Presiden menyampaikan Bendungan Kowil Kawangkoan dibangun sejak 2016 dengan anggaran Rp1,9 triliun, dan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektar.

“Nanti bisa untuk pembangkit listrik kemudian mengurangi banjir yang ada, utamanya di Manado dan juga untuk pertanian,” kata Jokowi.

Ia mengatakan bendungan bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt.

“Meskipun kecil tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Saya rasa itu. Dan dengan mengucap bismillahirohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara,” ujarnya.

(Arie Saputra)