Untuk meningkatkan kesejahteraan petani, menekan biaya produksi dan meningkatkan produktifitas gabah nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) berencana menyebarkan benih padi baru IPB 3S yang memiliki produktivitas 8-11 ton per hektare dan tahan terhadap hama wereng kepada petani. AKTUAL/Munzir

Karawang, Aktual.com – Produksi padi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, hingga pekan pertama Desember 2018 sudah mencapai 1.214.728 ton gabah kering panen atau sekitar 88,95 persen dari target tahun 2018.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian setempat Wawan Kuswandi mengatakan, pada tahun ini produksi padi di Karawang mencapai 1.365.680 ton gabah kering panen.

“Jadi, jika sekarang realisasi produksi padi sekitar 1,2 juta ton, maka capaiannya sudah mencapai 88,95 persen,” katanya di Karawang, Sabtu (8/12).

Ia mengatakan, sepanjang tahun ini rata-rata produktivitas tanaman cukup bagus, meski terjadi kemarau panjang. Catatan Dinas Pertanian setempat, provitas-nya sebanyak 69,17 kwintal gabah kering panen per hektare.

Menurut dia, sepanjang 2018 Dinas Pertanian Karawang mengoptimalkan program percepatan tanam. Dengan program itu, terdapat areal sawah di Karawang yang sampai ditanami tiga kali tanam dalam setahun.

(Antara)

1
2