Jakarta, Aktual.com – Pengelola Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jalarta Selatan menyiapkan pemakaman Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Profesor Azyumardi Azra yang akan disemayamkan pada Selasa besok pukul 09.00 WIB.

“Hari Selasa tanggal 20 September 2022 pukul 09.00 WIB dari rumah duka ke TMPNU Kalibata,” kata Kamak Kogartap 1/Jkt, Letkol Arm Soni Adi berdasarkan keterangan di Jakarta, Senin (19/9).

Serupa dengan Soni, Staf Pemakaman Garnisun 1/Jkt Seger mengatakan jenazah dipulangkan dari Malaysia tiba di Indonesia pada Senin pukul 21.45 WIB.

“Selasa pagi dari rumah Almarhum ke UIN, lanjut UIN ke Kalibata. Perihal waktunya akan saya update lagi,” tutur Seger saat dihubungi.

Adapun Azyumardi tutup usia pada 67 tahun dengan tanda jasa Bintang Mahaputra Utama serta SL Karya Satya X, XX dan XXX.

Lebih lanjut, setibanya jenazah Azyumardi nanti akan dibawa ke rumah duka yang berada di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Sebelumnya, jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Azyumardi Azra rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Selasa.

Menurut Sekretaris Azyumardi, Vemi Nurbaini menuturkan sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, jenazah Azyumardi akan dishalatkan terlebih dahulu di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Selasa (20/9) pukul 08.00 WIB.

Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu (18/9) pukul 12.30 waktu setempat akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat kunjungan kerja di Malaysia.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)