Jakarta, Aktual.co —Setelah mengakui upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI untuk antisipasi banjir di musim penghujan tahun ini meleset, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengharapkan masyarakat ikut serta menanggulangi banjir. 
Meski diakuinya untuk upaya penanggulangan banjir memang merupakan tanggung jawab dari Dinas Pekerjaan Umum DKI dan Suku Dinas terkait. 
“Namun untuk yang kecil-kecil kita juga meminta Wali Kota dan Camat serta Lurah untuk ikut serta menghimbau masyarakat juga untuk kerjasama. Karena kan yang dirumah-rumah di gang kecil itu kan selokannya urusan masyarakat juga. Nah kita mau minta kerjasama untuk sama-sama ngatasin itu (banjir),” ujar Ahok di Balaikota DKI, Senin (26/10).
Seperti diberitakan sebelumnya, Ahok mengatakan Pemprov DKI belum siap mengantisipasi ancaman banjir yang akan melanda Jakarta di musim penghujan. 
Pasalnya persiapan Pemprov DKI di proyek-proyek untuk menghadapi musim penghujan belum rampung seluruhnya.
“Ya memang persiapan nggak sesuai target,” ujar Ahok di Balaikota, Jakarta (24/10) lalu.
Ia beralasan tender-tender untuk pembangunan sheet pile atau dinding turap sebagai penahan tanah masih berlangsung. Padahal dengan belum terpasangannya turap, maka pengerukan sungai belum bisa dilakukan karena akan terjadi longsor tanah.

()