Jakarta, aktual.com – PSM Makassar kembali menduduki puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia seusai menaklukkan PSIS Semarang dengan skor 2-0 pada pekan ke-16 Liga 1 Indonesia di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (19/12) malam.

Pada pertandingan tersebut PSM Makassar mampu unggul cepat melalui gol yang dicetak oleh pemain asal Jepang Kenzo Nambu di menit ke-6 dan 90+1, demikian catatan Liga Indonesia.

Kemenangan itu membuat PSM Makassar menyalip Borneo FC, Bali United serta Madura United untuk menduduki peringkat pertama dengan torehan 32 poin dari 15 pertandingan, sedangkan PSIS Semarang masih tertahan di posisi ke-10 dengan raihan 20 poin dari 15 laga.

Pada babak pertama PSM mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu unggul cepat melalui gol yang dicetak oleh Kenzo Nambu sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, PSIS Semarang berusaha menyamakan kedudukan dan salah satu upaya lahir dari kaki Carlos Fortes yang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang PSM.

PSIS memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan, kali ini melalui pergerakan dari Taisei Marukawa. Penyerang asal Jepang tersebut mampu melepaskan tendangan ke gawang PSM, namun bola masih bisa ditepis oleh kiper Reza Arya.

Pada sisa waktu babak pertama, PSIS tercatat lebih sering melakukan serangan dan melakukan ancaman ke gawang PSM, namun hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Pada babak kedua PSIS mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan langsung memberikan ancaman melalui upaya Fredyan Wahyu yang tendangannya masih belum menemui sasaran.

Selanjutnya giliran Carlos Fortes yang memberikan ancaman ke gawang PSM, akan tetapi tendangan pemain asal Portugal tersebut masih bisa ditepis oleh Reza Arya.

Skuad asuhan Ian Andrew Gillan masih terus memberikan ancaman dan Jonathan Cantillana melepaskan tendangan ke arah gawang PSM, namun bola masih mengoyak gawang Juku Eja.

Pada waktu tambahan babak kedua PSM Makassar berhasil menggandakan keunggulan setelah Kenzo Nambu mencetak gol keduanya di laga ini setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti mampu membobol gawang Wahyu Tri sehingga skor berubah menjadi 2-0 yang bertahan hingga laga usai.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)