Jakarta, Aktual.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berupaya memulihkan pariwisata Pulau Bali setelah terdampak pandemi Covid-19, hingga memutuskan berkantor di pulau dewata itu dalam beberapa hari kedepan.

“Untuk beberapa hari ke depan saya akan berkantor di Bali,” kata Sandiaga di akun Instagramnya, Kamis (28/1).

Menurut Sandiaga, sebagai destinasi favorit wisatawan nusantara, dirinya ingin betul-betul menyentuh langsung usaha-usaha mikro dan kecil yang ada di pulau ini. Hal itu karena 80 persen masyarakatnya menggantungkan lapangan kerjanya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini yang harus kita pulihkan,” ujarnya.

Sandiaga beberapa waktu lalu mengatakan, bersama sejumlah Kementerian dalam Kabinet Indonesia maju telah menyusun travel bubble atau gelembung perjalanan.

Prioritas utama travel bubble akan dilakukan di Bali, karena paling terdampak pandemi.

Anjloknya perekonomian Bali, kata Sandiaga, karena lebih dari 80 persen masyarakat di Pulau Dewata itu bergantung kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemerintah provinsi Bali juga mendukung langkah tersebut. Travel bubble sendiri merupakan kesepakatan sejumlah negara untuk memulai kembali perjalanan lintas negara di tengah pandemi corona Covid-19.

Namun rencana membuat travel bubble Bali dengan negara lain sepertinya belum bisa terealisasi dalan waktu dekat ini, karena tingginya angka kurva wabah Covid-19.(RRI)

(Warto'i)