Jakarta, Aktual.co —Sebanyak 25 andong yang keretanya dihias dengan pernak-pernik meriah telah berjejer rapi di sepanjang Jalan Teluk Bitung yang terletak di dekat bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (20/10).
Salah seorang kusir, Jumroni, mengatakan dia dan rekan-rekannya sudah berkumpul sejak pukul 09.00 WIB. Pria yang mengenakan pakaian khas betawi lengkap dengan peci itu siap meramaikan arak-arakan saat presiden terpilih Joko Widodo tiba di bundaran Hotel Indonesia dan menuju ke Istana.
Sementara itu, bundaran Hotel Indonesia telah ramai dipadati para relawan maupun aparat kepolisian. Sejumlah kelompok tari yang mengenakan kostum tradisional sedang bersiap tampil di depan Hotel Indonesia. Selain itu, belasan relawan yang mengenakan caping merah bertuliskan Relawan Jokowi-JK Banyumas Raya pun memasang musik dan berjoget bersama di sekitar bundaran Hotel Indonesia.
Para relawan pun membagikan bendera Merah Putih berukuran mini kepada para pejalan kaki maupun pengendara yang melewati bundaran Hotel Indonesia.
Berbagai spanduk yang berisi ucapan selamat bertugas bagi presiden dan wakil presiden yang baru pun terpampang di mana-mana, antara lain spanduk besar bertuliskan Selamat Bekerja Presiden Pilihan Rakyat yang dipasang di sepanjang jembatan penyeberangan bundaran Hotel Indonesia.
Lalu lintas di sekitar bundaran Hotel Indonesia terpantau padat merayap, terutama saat mengitari bundaran yang bahu jalannya telah dipenuhi relawan dan berbagai pos pantau maupun pos pengamanan. Arus lalu lintas dari HI menuju Monas terpantau lancar, sebaliknya dari Monas menuju bundaran HI padat merayap. Selain itu, bahu jalan dari hotel Grand Hyatt menuju Monumen Nasional pun telah dipadati gerobak pedagang dan pejalan kaki.

(Andy Abdul Hamid)