(istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Aparat keamanan gabungan TNI dan Polri berhasil menyita puluhan senjata tajam dan minuman keras setelah menggelar ‘sweeping’ bersama pada Sabtu (10/9) malam, di sejumlah titik ruas jalan menuju perbatasan RI-PNG.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 122/TS Letkol Inf Kohir saat berada di Jayapura, Minggu mengatakan sweeping bersama itu juga untuk menciptakan situasi yang kondusif jelang perayaan Idul Adha pada Senin (12/9).

“Sebanyak 24 bilah senjata tajam berbagai jenis dan ukuran serta 18 botol minuman keras berbagai jenis dan satu buah knalpot racing yang kami amankan,” kata dia.

Menurut dia, sweeping tersebut digelar di sejumlah titik ruas jalan trans perbatasan sektor utara, wilayah tanggung jawabnya Satgas Yonif 122/TS.

“Sweeping dimulai pada pukul 21.00 WIT dilaksanakan lima titik yaitu di KM 31 depan Pos Komando Utama Satgas, KM 9 disimpang 3 Koya Koso – Holtekamp, di KM 6 depan Pos Koya Koso dan di simpang Koramil sera jembatan Sungai Muara Tami,” ucap Kohir.

Kegiatan sweeping mendapat dukungan dari Kapolres Keerom AKBP Simon Sahureka dan Kapolres Kota Jayapura AKBP Tober Sirait.

“Kedua Kapolres tersebut turut menurunkan personilnya untuk bergabung bersama Satgas Yonif 122/Tombak Sakti untuk bersama-sama melaksanakan ‘sweeping’ gabungan,” katanya.

Sasaran pelaksanaan sweeping kali itu adalah senjata api, senjata tajam, minuman keras dan narkoba. Dengan jumlah personil yang dikerahkan sebanyak 5 Regu sweeping dari Satgas Pamtas Yonif 122/TS, 1 regu dari Polres Keerom dan 1 regu dari Polsek Muaratami Polres Kota Jayapura.

 

(ant)

()