Jakarta, Aktual.co — Presiden Rusia Vladimir Putin Selasa menyebut “Chief Executive Officer” (CEO) perusahaan minyak Prancis Total Christophe de Margerie, yang meninggal dalam kecelakaan pesawat di bandara Moskow, sebagai “teman sejati Rusia”.

Dalam sebuah telegram yang dikirim ke Presiden Prancis Francois Hollande, yang diterbitkan oleh pemerintah Rusia, Putin mengatakan dia “terkejut dengan berita” mengenai kematian De Margerie.

Pesawat jet yang ditumpangi De Margerie menabrak kendaraan penyapu salju di bandara Vnukovo, Moskow, dan menewaskan semua penumpangnya.

Putin meminta Hollande untuk “menyampaikan rasa belasungkawa yang paling dalam dan kata-kata simpati” kepada keluarga dan orang-orang terkasih De Margerie.

Putin pun memuji bos perusahaan minyak berusia 63 tahun itu sebagai “seorang pengusaha Prancis luar biasa yang menciptakan banyak proyek besar yang membentuk dasar dari kerja sama bermanfaat di sektor energi yang berlangsung selama bertahun-tahun antara Rusia dan Prancis”.

“Dengan kepergian Christophe de Margerie, kami kehilangan sahabat sejati negara kami, yang akan kami ingat dengan kenangan terbesar,” kata Presiden Rusia itu.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Rusia bahwa Presiden Putin telah mengenal de Margerie untuk waktu yang lama dan “sangat menghormati kualitas pengelolaan bisnis De Margerie dan pengabdiannya yang konsisten untuk mengembangkan hubungan bilateral Rusia-Prancis dan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antar berbagai pihak secara keseluruhan”.

()

()