Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi. Sumber: Reuters/straitstimes.com
Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi. Sumber: Reuters/straitstimes.com

Jakarta, aktual.com – Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhammad bin Salman al-Saud memberikan pernyataan bahwa Kerajaan Arab Saudi bukan menganut paham yang dibawa oleh Muhammad bin Abdul Wahab atau Wahabi.

“Ibn Abd al-Wahhab bukan arab Saudi. Arab Saudi memiliki Sunni dan syiah,” ucapnya, Kamis (3/3).

Ia mengatakan bahwa Muhammad bin Abdul Wahab bukanlah seorang Nabi ataupun Malaikat, ia hanyalah seorang ulama yang hidup di saat pertama kali Saudi Arabia terbentuk.

“Aku akan mengatakan bahwa Muhammad bin ‘Abd al-Wahhab bukan nabi, dia bukan malaikat. Dia hanya seorang ulama seperti banyak ulama lainnya yang hidup selama Kerajaan Saudi Arabia pertama terbentuk,” ucapnya.

Ia melanjutkan bahwa pada saat itu karangan-karangan Muhammad bin Abdul Wahab digunakan oleh kaum ekstrimis hanya untuk kepentingan mereka sendiri.

“Masalah pada saat itu di semenanjung arab adalah murid Ibn ‘Abd al-Wahhab satu-satunya orang yang tahu bagaimana membaca dan menulis dan sejarah ditulis dari perspektif mereka. Tulisan Ibn ‘Abd al-Wahhab telah digunakan oleh banyak ekstrimis untuk kepentingan mereka sendiri,” ucapnya.

Sumber: Alarabiya

(Rizky Zulkarnain)