PALI, Aktual.Com – Organisasi Pers Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) mulai kembangkan sayap nya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir sumatera selatan.

Berdirinya Persatuan Wartawan Republik Indonesia ini dilatar belakangi oleh alasan untuk meningkatkan perbaikan kualitas serta mengakomodir potensi wartawan pada era persaingan global.

PWRI melakukan deklarasi pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2014 silam di hotel Grand Sahid Jakarta. Organisasi ini sudah tersebar di provinsi dan kota di indonesia.

Saat ini Organisasi ini mulai kembangkan sayap nya dengan di bentuk kepengurusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) di Kabupaten Pali yang di komandoi oleh Syamsudin sebagai Ketua DPC, Wakil ketua Jerry Hardiansyah, Sekretaris Lidian Heri dan Bendahara Dedi Suparman.

Menurut Syamsudin selaku ketua DPC mengatakan terbentuk nya DPC PWRI Pali berdasarkan Surat Keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPP PWRI) yang di Terima sejak tanggal 2 agustus 2022 yang lalu.

“Dengan diterimanya SK dari DPP berarti PWRI PALI Resmi terbentuk”, ujar syamsudin di Kantor PWRI PALI, Jalan Lorong Asrama RT 034 RW 010 Kelurahan Talang Ubi Timur Kecamatan Talang Ubi PALI, Senin (5/9).

Saat ini kita lagi mempersiapkan segala sesuatu untuk Pengukuhan, dan mendaftarkan diri ke Kesbangpol

Syamsudin juga mengatakan bahwa tujuan di bentuknya kepengurusan PWRI PALI adalah untuk lebih meningkatkan Kualitas Wartawan, Sehingga Fungsi wartawan sebagai kontrol sosial bisa diperhitungkan.

“Meningkatkan kualitas dan mengakomodir potensi wartawan, kami ingin mewujudkan organisasi yang penuh kekeluargaan dan kekompakan tetapi tetap penuh ketegasan dan kedisiplinan serta membangkitkan semangat wartawan dan menjunjung tinggi kode etik wartawan,”ucapnya.

Syamsudin berharap dengan dibentuk nya struktur kepengurusan DPC PWRI Kabupaten Pali ini dapat menjadikan organisasi ini semakin kuat dan kompak

“jika kita bersatu maka kita akan kuat.
Wartawan merupakan smart aggregator Artinya seorang wartawan harus bisa bersikap cerdas dalam berbagi sumber berita yang dapat diandalkan oleh masyarakat sekitar.Wartawan juga harus dapat membagikan berbagai laporan yang bersifat mencerahkan, “Pungkasnya.

(Apriansyah)