Nunukan, Aktual.com – Ratusan situs purbakala di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, sampai sekarang belum terverifikasi karena terkendala anggaran.

Pelaksana Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nunukan, Jaya Martom melalui stafnya, Johansyah di Nunukan, Selasa (2/5), membenarkan jumlah situs purbakala di daerahnya terbilang sangat banyak, khususnya di wilayah III.

“Banyak sekali situs purbakala di Kabupaten Nunukan belum diverifikasi. Diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan titik,” katanya.

Ia menyebutkan, baru satu situs purbakala di Kabupaten Nunukan yang telah mendapatkan perhatian pemerintah di daerah itu adalah sebuah batu pra sejarah di Kecamatan Krayan.

Kemudian sebuah kuburan di Kecamatan Lumbis dan Tugu Dwikora di Kecamatan Nunukan telah terverifikasi, tetapi belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Bukan hanya itu, Johansyah juga mengakui, terdapat sejumlah situs lainnya di wilayah III yang belum tersentuh sama sekali yang lokasinya berada di hutan dan pegunungan, namun sering dikunjungi masyarakat setempat.

Ia menilai, sehubungan dengan kurangnya perhatian terhadap situs-situs yang memiliki nilai sejarah itu menyebabkan tidak terpublikasi secara baik.

Johansyah menyatakan, seringkali didatangi masyarakat di daerah itu mempertanyakan langkah Pemkab Nunukan mengelola situs bersejarah tersebut.

 

Ant.

()