Destinasi Wisata Budaya dan Sejarah

Turki dikenal sebagai negara dengan budaya dan sejarah yang kental. Jadi tidak mengherankan jika Turki memiliki berbagai destinasi wisata budaya dan sejarah yang bisa Anda kunjungi. Beberapa di antaranya yakni, Topkapi Palace, Hagia Sophia, Dolmabahce Palace, dan Kastil Bodrum.

  • Topkapi Palace

Topkapi Palace di zaman dulu merupakan pusat pemerintahan kerajaan sekaligus kediaman Sultan Ottoman Turki. Gaya arsitektur yang unik, menjadikan Topkapi Palace sebagai salah satu daftar destinasi wajib ketika berkunjung ke Turki.

Adapun salah satu spot yang paling menarik perhatian wisatawan ketika berkunjung ke Topkapi Palace yakni sebuah tangki air raksasa, yang dikenal sebagai Basilica Cistern.

  • Hagia Sophia

Bagi siapa pun yang bertandang ke Turki, pasti sudah familiar dengan Hagia Sophia atau biasa juga disebut dengan Aya Sofya. Salah satu ikon pariwisata Turki ini memuat nilai sejarah yang cukup panjang.

Menurut berbagai sumber, Hagia Sophia mulai dibuka sebagai museum pada tahun 1935 oleh pemerintah Republik Turki. Namun pada tanggal 10 Juli 2020, Hagia Sophia kembali difungsikan sebagai masjid. Hal ini dikarenakan pengadilan Turki memutuskan bahwa konversi Hagia Sophia di tahun 1934 sebagai museum merupakan tindakan ilegal.

Khusus bagi Anda yang beragama Islam, kini bisa berkunjung ke Hagia Sophia untuk beribadah sekaligus mengagumi sisi sejarah di baliknya. Gaya arsitektur Yunani akan membuat Anda kagum terhadapnya.

 

  • Dolmabahce Palace

Dolmabahce Palace atau Istana Dolmabahce di zaman dahulu merupakan pusat administrasi di masa Kekaisaran Ottoman. Istana yang berlokasi di distrik Besiktas, Istanbul ini merupakan istana terbesar di Turki.

Istana Dolmabahce identik dengan gaya arsitektur Eropa dengan ornamen kristal dan warna keemasan. Menurut informasi, sebanyak 14 ton emas digunakan untuk menyepuh langit-langit istana. Sungguh menakjubkan, bukan?

Sebagai istana terbesar di Turki, Dolmabahce memiliki luas mencapai 45.000 meter persegi. Dengan area seluas itu, Istana Dolmabahce berisi 285 kamar, 6 kamar mandi, 68 toilet serta 46 aula.

  • Kastil Bodrum

Jika Anda merupakan pecinta sejarah beserta benda-benda peninggalan masa lampau, maka Kastil Bodrum merupakan tujuan yang tepat. Di sini, Anda akan menemukan benda-benda bersejarah yang masih dalam keadaan terawat.

Menurut sejarah, Kastil Bodrum didirikan pada tahun 1400-an dan hingga kini difungsikan sebagai museum arkeologi bawah air.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Turki yang bisa Anda kunjungi. Berbagai destinasi mulai dari alam hingga sejarah akan menambah pengalaman yang tidak terlupakan.

Perjalanan menuju Turki akan semakin berkesan dengan reservasi tiket di Traveloka Lifestyle SuperApp. Nikmati berbagai kemudahan dan kelebihan lainnya hanya di Traveloka!

(Advertorial)

(Nurman Abdul Rahman)
1
2