Medan, Aktual.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tetap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat untuk mengikuti SBMPTN Tahun 2020 di Universitas Sumatera Utara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu,SH, di Medan, Senin, mengatakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN akan digelar pada 5 hingga 12 Juli 2020.

Ia menyebutkan, USU juga telah mempersiapkan teknis penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020 yang secara ketat akan mengikuti protokol antisipasi penyebaran COVID-19 sebagaimana instruksi yang telah digariskan oleh LTMPT.

Peserta wajib mengikuti SOP protokol kesehatan sebelum masuk, pada saat pelaksanaan, dan sesudah ujian.

“Penerapan itu, antara lain adanya jarak antarpeserta,mewajibkan penggunaan masker bagi para peserta, pemeriksaan suhu tubuh, dan cuci tangan sebelum memasuki ruangan,” ujarnya.

Runtung mengatakan, pada tahun akademi 2020/2021 ini, USU memberikan peluang kelulusan kepada para peserta sesuai dengan daya tampung pada jalur SBMPTN, yakni sebanyak 3.138 orang.

UTBK-SBMPTN 2020 yang pendaftarannya telah dibuka pada tanggal 2 Juni dan akan berlangsung hingga 20 Juni 2020.

“Peserta yang mendaftar untuk UTBK-SBMPTN 2020 disyaratkan telah memiliki akun LTMPT dan membayar biaya ujian sebesar Rp150.000 untuk kategori Saintek dan Soshum.Pada ujian UTBK 2020, materi yang diuji hanya Tes Potensi Skolastik (TPS),” katanya.(Antara)

(Warto'i)