Solo, Aktual.com – Sebanyak 20 orang dari Solo, Jawa Tengah berangkat untuk ikuti pelatihan Bela Negara di Kaliurang, Yogyakarta, Minggu (15/11).

Mereka akan mengikuti pelatihan yang digagas Kementerian Pertahanan (Kemenhan) selama tiga pekan mulai hari ini, 15 November hingga 3 Desember 2015.

Sebelum berangkat, mereka dapat pengarahan dari Komandan Kodim (Dandim) 0735 Solo, Letkol Inf Chrisbianto Arimurti. Pengarahan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang Bela Negara kepada mereka.

“Ada 20 orang relawan yang diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan. Selain berkurang pesertanya, lokasi pelatihan juga berubah dari sebelumnya di Rindam IV Diponegoro berubah di Kaliurang, Yogyakarta,” kata dia, di Makodim 0735 Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/11).

Kepala Seksi Politik Dalam Negeri dan Kewaspadaan Nasional Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Joko Widodo menambahkan para relawan ini pernah diberangkatkan pertengahan Oktober kemarin. Namun karena ditunda, mereka kembali lagi ke Solo.

“Baru hari ini mereka kembali diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan. Namun lokasinya berbeda,” ujar dia.

Salah seorang peserta, Cecep mengaku sebagai warga Indonesia ikut tergerak untuk mengikuti pelatihan Bela Negara. Meski masih bestatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Solo, ia izin kuliah untuk bisa mengikuti pelatihan itu.

()