Pelalawan, Aktual.com – Pemuda pemudi di bawah naungan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pelalawan memenuhi Gedung  Daerah Laksemana Mangkudiraja Jalan Abdul Jalil Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan siang tadi, Selasa (14/3).

Kegiatan ini merupakan pengambilan sumpah/janji sekaligus pelantikan Dewan Pengurus KNPI Kecamatan se-Kabupaten Pelalawan Periode 2022-2025 oleh Ketua Harian KNPI Provinsi Riau, Misbah Ibrahim.

Adapun DPD KNPI Pelalawan yang dilantik periode 2022-2025 dipimpin oleh Imustiar, S.IP sebagai Ketua, Zulherman, S.E, AK., M.Si sebagai Sekretaris dan Neno Fitria, S.KM sebagai Bendahara.

Nasaruddin selaku Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran pemuda sangat penting dalam membangun daerah. Oleh karena itu pemuda harus bekerjasama dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Pelalawan.

“Generasi muda berperan sangat penting dalam membangun daerah. Kami dari Pemerintah tentunya membutuhkan bantuan kalian, terlebih dalam mewujudkan Pelalawan Maju,” ucap Nasaruddin.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya bersama Bupati H. Zukri telah meluncurkan aplikasi Klik Pelalawan yang memiliki banyak fitur yang diantaranya untuk pengurusan data kependudukan hingga pengaduan kepada pemerintah.

“Sekarang kitu sudah memiliki aplikasi Klik Pelalawan yang dapat memudahkan masyarakat jika ingin melaporkan sesuatu, masalnya masalah infrastruktur jalan yang rusak. Foto jalan yang rusak dan masuk ke aplikasi Klik Pelalawan. Cari di menu Klik Lapor, kemudian masukkan foto jalannya, sertakan alamat lengkapnya dan keterangan kondisinya, kemudian kirim,” jelasnya.

Mengingat masih banyaknya kenakalan remaja dan masih adanya kasus narkoba yang melibatkan pemuda di Kabupaten Pelalawan, Wabub Pelalawan menghimbau agar pemuda menjauhkan diri dari hal-hal yang melanggar hukum.

“Pemuda adalah generasi penerus bangsa, jangan terlarut dalam kenikmatan sesaat yang merusak diri dan merusak masa depan. Jauh narkoba karena itu akan merusak kehidupan,” tegasnya.

Selanjutnya Ketua KNPI terpilih, Imustiar, S.IP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kiprah pemuda sangat dibutuhkan dalam memberi warna terhadap pembangunan di Pelalawan.

“Tunjukkan dengan keberadaan kita di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi wadah aspirasi dan membawa kebermanfaatan di sekitar, terutama di kecamatannya masing-masing. Mulai hari ini, jadilah agen dan penggerak pembangunan di Pelalawan!” seru Imustiar di hadapan pengurus KNPI Pelalawan yang dilantik hari ini.

Lanjutnya, Imustiar mengajak agar program-program yang ada di KNPI dapat diselaraskan dengan program yang ada di Pemkab Pelalawan sehingga dapat menjadi simultan, secara bersama-sama membangun Pelalawan kedepan, dimulai dari tingkat desa hingga ke tingkat kecamatan.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” ujar Imustiar mengutip ucapan Bapak Proklamator Indonesia.

Ketua KNPI Kabupaten Pelalawan, Imustiar, menjelaskan jumlah pengurus yang dilantik kali ini lebih dari 100 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Ia juga mengatakan bahwa tantangan kedepan tidaklah begitu mudah bagi keberadaan pemuda di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk itu para pengurus kecamatan ini terlebih dahulu akan melakukan Rapat Kerja Kecamatan. Setelah rapat, mereka akan mengusulkan programnya dan akan dikomunikasikan dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan,” terang Imustiar.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KNPI Provinsi Riau Nasaruddin,SH,M, Ketua Harian KNPI Provinsi Riau Misbah Ibrahim, Ketua OKK DPD KNPI Pelalawan Dafitra, Wakil Ketua Politik Fahrizal, Kemenag Kabupaten Pelalawan H.Azwar Zainal, Ketua MPI KNPI Pelalawan Adi Sekemi dan Wakapolres Pelalawan Kompol Antoni Lumban Gaol,SH,MH, serta para undangan lainnya.

(Ikhwan Nur Rahman)