Warga melihat bangkai ikan mati yang terapung di sepanjang Pantai Ancol, Jakarta Utara, Jakarta, Senin (30/11). Menurut Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta matinya ribuan ikan tersebut diperkirakan akibat fenomena alam berupa perubahan cuaca ekstrem yang menyebabkan gejolak di dalam laut sehingga ikan-ikan kekurangan oksigen. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/kye/15.

Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumumkanhasil uji laboratorium penyebab matinya ribuan ikan di Pantai Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

kepala Dinas Kelautan, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Darjamuni menjelaskan, ada dua faktor yang membuat ribuan ikan di pantai ancol mati.

Petama lantaran kekurangan kadar oksigen dalam air lantaran perubahan musim dan yang kedua karena tingginya kandungan timah.

“Perubahan cuaca yang ekstrem mengakibatkan perubahan suhu yang drastis antara permukaan air dengan air di dasar laut. Hal ini menyebabkan kadar oksigen dalam air menurun,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (10/12).

Untuk faktor tingginya kandungan timah sendiri, dikatakan Darjamuni akibat adanya lumpur yang dibawa dari aliran sungai yang bermuara di laut yang menyebabkan tercemarnya air laut.

“Air laut yang tercemar kemudian menyebabkan ikan mati,” tutupnya

()

()