Jakarta, Aktual.com – Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida memenuhi syarat untuk mengikuti Liga Selancar Dunia, World Surfing League Championship Tour 2023 setelah berhasil memastikan diri melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira di Portugal, Selasa (4/10).

Rio, yang sekarang menjadi pemuncak tangga Challenger Series, dengan raihan poin yang dia kumpulkan hingga saat ini — pemberhentian kelima dari delapan ajang Challenger Series — dipastikan tidak akan keluar dari 10 besar hingga akhir musim ini berakhir.

“Dengan melaju ke babak 24 di EDP Vissla Pro Ericeira dan mendominasi ’22 Challenger Series, Rio Waida secara resmi lolos ke Tur Kejuaraan 2023. Ini menandai pertama kalinya orang Indonesia lolos ke CT (Championship Tour),” bunyi pengumuman di situs resmi WSL.

Hasil perlombaan menunjukkan bahwa Rio mencatatkan 11.33, nilai tertinggi pada heat 7 di mana dia berlomba bersama Willian Cardoso dari Brazil, Kauli Vaast dari Prancis dan Carlos Munoz dari Kosta Rika.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu sedikit kesulitan saat mengawali perlombaan. Dia hanya mencatatkan 0.20 dan 2.33 pada ombak pertama dan kedua. Namun, pada pada ombak keempat dan kelima, dia mampu mencatatkan dua ombak terbaik masing-masing 6.00 dan 5.33.

Saat ditanya mengenai dirinya lolos tur dunia dalam wawancara dengan WSL usai perlombaan, Rio bahkan tidak mempercayai keberhasilannya itu.

“Saya tidak tahu, Saya masih mencoba untuk fokus pada babak selanjutnya. Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan. Apakah sudah resmi saya dinyatakan memenuhi syarat?” kata Rio.

“Saya sangat senang. Tidak pernah ada orang Indonesia yang lolos kualifikasi CT, jadi saya membuat sejarah, saya tidak tahu, saya sangat senang,” ujar Rio.

“Saya memimpikan ini setiap hari, ketika saya bangun saya memikirkan ini, sebelum tidur saya memikirkan ini… Sekarang saya dinyatakan memenuhi syarat, saya harus memikirkan Championship Tour, tapi tunggu dulu, sekarang saya masih fokus ke ajang ini.”

“Saya harap saya tidak kalah di babak selanjutnya… Saya tidak sabar menjadi wakil Indonesia di Championship Tour,” imbuhnya.

Rio menjadi peselancar pertama yang mengunci tempat di Championship Tour 2023, divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi.

Selanjutnya, Rio akan berlomba bersama Liam O’Brien dari Australia dan Crosby Colapinto dari Amerika Serikat di heat 5 untuk memperebutkan slot di babak 16 besar ajang yang berlangsung pada 1-9 Oktober 2022 itu.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)