Ketua Dewan Pengawas Koperasi Produsen Karya Al Mahmud Mubarok (KALAM) Tasikmalaya, Achyadi Yusuf (tengah) usai menemui Direktur Komersial RNI, Frans Marganda Tambunan di Jakarta, Jumat (11/3) pagi.
Ketua Dewan Pengawas Koperasi Produsen Karya Al Mahmud Mubarok (KALAM) Tasikmalaya, Achyadi Yusuf (tengah) usai menemui Direktur Komersial RNI, Frans Marganda Tambunan di Jakarta, Jumat (11/3) pagi.

Jakarta, Aktual.com – Ketua Dewan Pengawas Koperasi Produsen Karya Al Mahmud Mubarok (KALAM) Tasikmalaya, Achyadi Yusuf mengatakan bahwa PT Rajawali Nasional Indonesia/RNI (Persero) siap mendukung sepenuhnya distribusi produk koperasi.

Hal ini disampaikan usai menemui Direktur Komersial RNI, Frans Marganda tambunan di kantor RNI, Jakarta, Jumat (11/3) pagi.

“Secara garis besar RNI akan support koperasi KALAM, baik untuk distribusi barang-barang RNI yang bisa kita pasarkan, atau sebaliknya kalau KALAM punya produk, RNI bisa nampung asal memenuhi spesifikasi sesuai standar,” kata Achyadi.

Ia mengungkapkan dalam waktu dekat RNI akan melakukan verifikasi lapangan ke Koperasi KALAM di Tasikmalaya. Dalam verifikasi tersebut, nantinya RNI melakukan survey terlebih dulu untuk mengetahui potensi pasar di wilayah yang akan memasarkan produk.

Adapun produk yang akan dipasarkan meliputi bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat, seperti beras, tepung, minyak goreng, gula, hingga telur.

“Intinya, bahan-bahan kebutuhan pokok yang tersedia di RNI bisa kita supply ke sana. Soal kuantitasnya nanti menunggu hasil survey mereka di lapangan,” ujar Achyadi.

“Dari RNI meminta kita kesiapannya. Kalau memungkinkan akhir bulan ini sudah bisa jalan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Koperasi Produsen Karya Al Mahmud Mubarok (KALAM) Tasikmalaya baru diresmikan oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi pada 6 Januari 2022 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Wamentan Harvick menyambut baik pendirian Koperasi Kalam, karena sejak awal pendiriannya sudah dikonsep secara managemen korporasi, dalam bentuk kemitraan pengolahan hasil produksi petani rakyat, sesuai arahan pemerintah.

“Saya antusias melakukan kunjungan kerja ke Tasikmalaya di awal tahun 2022 ini, karena ingin mengapresiasi upaya pendirian koperasi yang berbasis korporasi, seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,” ujar Harvick dalam sambutannya.

(A. Hilmi)